:[Terimakasih Atas Kunjungan Anda di Website Resmi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat (http://diperta.jabarprov.go.id/) dan ikuti juga Media Sosialnya, Follow @dipertajabar dan fb: Diperta Jabar *]
Home >> Informasi >> Berita
Berita

19 November 20070
Kegiatan Pengukuran Data Luas Baku Lahan Sawah dengan menggunakan GPS di Kabupaten Subang
Penulis : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat

Kegiatan pengumpulan data luas bakulahan sawah pada dasarnya untuk meningkatkan ketersediaan data dan informasi luas baku sawah pada berbagai tingkat administratif yang mempunyai akurasi yang tinggi sehingga dapat membantu dalam merencanakan dan membuat kebijakan pembangunan pertanian.Lebih khusus luas baku lahan sawah sangat diperlukan dalam menyusun perencanaan dan penyusunan neraca produksi padi dan palawija secara dalam periode satu tahun tanam.

Untuk memperoleh data yang tingkat keakuratannya tinggi maka dipandang perlu untuk melakukan pengukuran luas baku lahan hingga tingkat desa dengan menggunakan alat GPS (Global Positioning System).

Pengukuran dengan menggunakan alat GPS ini dilaksanakan oleh Pusat Data dan Informasi Departemen Pertanian bekerjasama dengan PT. Kwarsa Hexagon dan dengan dibantu oleh Dinas Pertanian Propinsi Jawa Barat, DinasPertanian Kabupaten Subang dan seluruh petugas statistik beserta KCD dari seluruh propinsi Jawa Barat. Dan kebetulan Kabupaten Subang dijadikan sampel atau contoh kegiatan pengukuran luas baku lahan sawah dengan alat GPS. Alat GPS yang digunakan adalah Garmin 76CSx dengan Tremble Juno.

Sebagai output dari kegiatan ini berupa penyajian data luas baku lahan sawah dalam bentuk peta spasial berbasis geografis ini akan lebih informatif dan menarik serta lebih mudah untuk dilakukan pengolahan data lebih lanjut.

Sumber : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat | File : | Dibaca : 86134 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

MONITORING DAN VERIFIKASI TRAKTOR MINI “PROTANI”
24 April 2014

Balai Pengembangan Teknologi Mekanisasi Pertanian Provinsi Jawa Barat melaksanakan monitoring dan Verifikasi ke Kabupaten Indramayu, Desa Rajasinga Kecamatan Trisi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 April 2014 dalam rangka

MENTAN DORONG IBU RUMAH TANGGA KEMBALI TANAM CABE MERAH
24 April 2014

Menteri Pertanian Suswono mendorong ibu rumah tangga kembali menanam cabe merah di pekarangan rumah. Langkah ini dinilai bisa menjaga stabilitas harga komoditas tersebut.

DAERAH SUNGAI HARUS TERBEBAS DARI INDUSTRI
23 April 2014

Daerah bantaran sungai yang ada di Kabupaten Pangandaran harus terbebas dari industri. Dengan kata lain di sepanjang sungai yang ada di daerah itu tidak boleh ada industri.

TARGETKAN 1 JUTA HEKTARE SAWAH, PEMPROV BENTUK PROGRAM CETAK SAWAH
22 April 2014

 Untuk menambah luas lahan pertanian Pemprov Jabar melakukan program cetak sawah yang ditargetkan menambah luas lahan pertanian di Jabar sebesar 100.000 hektare

 1 2 3 >  Last ›