Peringatan Ke-86, Hari Ibu Nasional Tahun 2014. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Qs. Luqman : 14)
Home >> Informasi >> Berita
Berita

19 November 20070
Kegiatan Pengukuran Data Luas Baku Lahan Sawah dengan menggunakan GPS di Kabupaten Subang
Penulis : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat

Kegiatan pengumpulan data luas bakulahan sawah pada dasarnya untuk meningkatkan ketersediaan data dan informasi luas baku sawah pada berbagai tingkat administratif yang mempunyai akurasi yang tinggi sehingga dapat membantu dalam merencanakan dan membuat kebijakan pembangunan pertanian.Lebih khusus luas baku lahan sawah sangat diperlukan dalam menyusun perencanaan dan penyusunan neraca produksi padi dan palawija secara dalam periode satu tahun tanam.

Untuk memperoleh data yang tingkat keakuratannya tinggi maka dipandang perlu untuk melakukan pengukuran luas baku lahan hingga tingkat desa dengan menggunakan alat GPS (Global Positioning System).

Pengukuran dengan menggunakan alat GPS ini dilaksanakan oleh Pusat Data dan Informasi Departemen Pertanian bekerjasama dengan PT. Kwarsa Hexagon dan dengan dibantu oleh Dinas Pertanian Propinsi Jawa Barat, DinasPertanian Kabupaten Subang dan seluruh petugas statistik beserta KCD dari seluruh propinsi Jawa Barat. Dan kebetulan Kabupaten Subang dijadikan sampel atau contoh kegiatan pengukuran luas baku lahan sawah dengan alat GPS. Alat GPS yang digunakan adalah Garmin 76CSx dengan Tremble Juno.

Sebagai output dari kegiatan ini berupa penyajian data luas baku lahan sawah dalam bentuk peta spasial berbasis geografis ini akan lebih informatif dan menarik serta lebih mudah untuk dilakukan pengolahan data lebih lanjut.

Sumber : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat | File : | Dibaca : 106081 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

BERAS MAHAL, PEMERINTAH HARUS BUKA LAHAN PERTANIAN BARU
03 Maret 2015

Harga beras terus mengalami kenaikan sejak awal Februari lalu. Pemerintah harus serius mengatasi persoalan beras. Di antaranya dengan membuka lahan-lahan pertanian baru.

400.000 TON BERAS BULOG AKAN BANJIRI PASAR BULAN INI
03 Maret 2015

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Perum Bulog selaku penstabil harga beras di pasar siap mengalokasikan 400.000 ton beras ke pasar. JK menuturkan, pengalokasian tersebut juga sebagai langkah pemerintah

HARGA BERAS DI DEPOK CAPAI RP12.000 PER LITER
03 Maret 2015

Harga komoditas beras di beberapa daerah mengalami kenaikan. Di Kota Depok Provinsi Jawa Barat, harga beras per liternya dipatok dengan harga Rp12.000 per liter.

PEMBIAYAAN SEKTOR HORTIKULTURA MASIH RENDAH
03 Maret 2015

Pembiayaan terhadap sektor hortikultura hingga saat ini dianggap masih rendah sehingga menyebabkan daya saing produksi terus menurun.

 1 2 3 >  Last ›