Innalillahi wa innaillaihi ra'jiun ...Segenap Pimpinan dan Karyawan Dinas Pertanian Tanaman Pangan turut berduka cita atas wafatnya Bapak Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Wawan Ridwan (59 Tahun) ... Semoga Mendapatkan Tempat Terbaik...Amin.
Home >> Informasi >> Berita
Berita

19 November 20070
Kegiatan Pengukuran Data Luas Baku Lahan Sawah dengan menggunakan GPS di Kabupaten Subang
Penulis : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat

Kegiatan pengumpulan data luas bakulahan sawah pada dasarnya untuk meningkatkan ketersediaan data dan informasi luas baku sawah pada berbagai tingkat administratif yang mempunyai akurasi yang tinggi sehingga dapat membantu dalam merencanakan dan membuat kebijakan pembangunan pertanian.Lebih khusus luas baku lahan sawah sangat diperlukan dalam menyusun perencanaan dan penyusunan neraca produksi padi dan palawija secara dalam periode satu tahun tanam.

Untuk memperoleh data yang tingkat keakuratannya tinggi maka dipandang perlu untuk melakukan pengukuran luas baku lahan hingga tingkat desa dengan menggunakan alat GPS (Global Positioning System).

Pengukuran dengan menggunakan alat GPS ini dilaksanakan oleh Pusat Data dan Informasi Departemen Pertanian bekerjasama dengan PT. Kwarsa Hexagon dan dengan dibantu oleh Dinas Pertanian Propinsi Jawa Barat, DinasPertanian Kabupaten Subang dan seluruh petugas statistik beserta KCD dari seluruh propinsi Jawa Barat. Dan kebetulan Kabupaten Subang dijadikan sampel atau contoh kegiatan pengukuran luas baku lahan sawah dengan alat GPS. Alat GPS yang digunakan adalah Garmin 76CSx dengan Tremble Juno.

Sebagai output dari kegiatan ini berupa penyajian data luas baku lahan sawah dalam bentuk peta spasial berbasis geografis ini akan lebih informatif dan menarik serta lebih mudah untuk dilakukan pengolahan data lebih lanjut.

Sumber : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat | File : | Dibaca : 106940 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

PASOKAN BAWANG MERAH JATENG MENCUKUPI, IMPORTASI TAK MENDESAK
27 Maret 2015

Wacana pembukaan impor komoditas bawang merah dinilai tidak mendesak direalisasikan menyusul potensi peningkatan pasokan pada periode panen raya April-Juni, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

ASOSIASI PETANI SEBUT KENAIKAN HPP GABAH IDEALNYA 15%
27 Maret 2015

Ketua Asosiasi Petani Pangan Jatim Jumantoro berpendapat idealnya kenaikan harga pembelian pemerintah atau HPP gabah dan beras mencapai 15%.

SAYURAN INI DIANJURKAN DIMAKAN MENTAH
27 Maret 2015

SEBAGIAN orang mungkin terbiasa makan sayuran dengan dimasak terlebih dahulu. Namun ada beberapa sayuran yang sebaiknya dikonsumsi saat mentah. Pasalnya, ada beberapa nutrisi yang hilang, apabila sayuran tersebut dimasak

DALAM SEBULAN, HARGA BAWANG MERAH MELONJAK 36%
27 Maret 2015

Pergerakan harga bawang merah di dalam negeri dalam sebulan terakhir menunjukan tren kenaikan harga yang cukup signifikan. Secara rata-rata nasional, harga bawang merah sudah melonjak 36% dalam sebulan.

 1 2 3 >  Last ›