Digrahayu Provinsi Jawa Barat ke 70, dengan semangat “Jabar Kahiji, Jabar Kreatif dan, Bestari\"kita wujudkan Swasembada Pangan Provinsi Jawa Barat.
Home >> Informasi >> Berita
Berita

19 November 20070
Kegiatan Pengukuran Data Luas Baku Lahan Sawah dengan menggunakan GPS di Kabupaten Subang
Penulis : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat

Kegiatan pengumpulan data luas bakulahan sawah pada dasarnya untuk meningkatkan ketersediaan data dan informasi luas baku sawah pada berbagai tingkat administratif yang mempunyai akurasi yang tinggi sehingga dapat membantu dalam merencanakan dan membuat kebijakan pembangunan pertanian.Lebih khusus luas baku lahan sawah sangat diperlukan dalam menyusun perencanaan dan penyusunan neraca produksi padi dan palawija secara dalam periode satu tahun tanam.

Untuk memperoleh data yang tingkat keakuratannya tinggi maka dipandang perlu untuk melakukan pengukuran luas baku lahan hingga tingkat desa dengan menggunakan alat GPS (Global Positioning System).

Pengukuran dengan menggunakan alat GPS ini dilaksanakan oleh Pusat Data dan Informasi Departemen Pertanian bekerjasama dengan PT. Kwarsa Hexagon dan dengan dibantu oleh Dinas Pertanian Propinsi Jawa Barat, DinasPertanian Kabupaten Subang dan seluruh petugas statistik beserta KCD dari seluruh propinsi Jawa Barat. Dan kebetulan Kabupaten Subang dijadikan sampel atau contoh kegiatan pengukuran luas baku lahan sawah dengan alat GPS. Alat GPS yang digunakan adalah Garmin 76CSx dengan Tremble Juno.

Sebagai output dari kegiatan ini berupa penyajian data luas baku lahan sawah dalam bentuk peta spasial berbasis geografis ini akan lebih informatif dan menarik serta lebih mudah untuk dilakukan pengolahan data lebih lanjut.

Sumber : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat | File : | Dibaca : 110945 x


Berita Lainnya

PETANI KETAPANG GAGAL PANEN
02 September 2015

Kemarau panjang terus memakan korban.Kali ini derita pun di rasaka petani di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Bandung yang mengeluhkan turunnya hasil panen akibat kemarau.

HARGA HIRIS TEMBUS HINGGA Rp50.000/kg
02 September 2015

Petani sayuran di Garut harus kerja ekstra, memelihara dan merawat tanaman mereka.Harga sayur-mayur pun sulit ditekan

TINGGI, POTENSI BISNIS JAMUR
02 September 2015

PANDEGLANG, KOMPAS – Potensi bisnis jamur di Banten yang amat besar belum dimanfaatkan secara maksimal. Permintaan pasar akan komoditas jamur tiram, kuping dan lingzhi sangat tinggi, tetapi potensi itu tidak

PENJUALAN DIARAHKAN KE BULOG
02 September 2015

JAKARTA, KOMPAS – Untuk mengejar kekurangan target stok bera Perum Bulog 2015, apat TNI dan dinas pertanian daerah setempat akan mendatangi petani penerima bantuan dan pengusaha penggilingan padi sati per

 1 2 3 >  Last ›