Peringatan Ke-86, Hari Ibu Nasional Tahun 2014. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Qs. Luqman : 14)
Home >> Informasi >> Berita
Berita

29 Oktober 20120
PEMBERDAYAAN PENANGKAR BENIH PADI DI KABUPATEN KUNINGAN
Penulis : Admin Seksi Serealia Bidang Tanaman Pangan Diperta Jabar

Penangkaran benih padi dilaksanakan oleh 2 kelompok tani, masing-masing seluas 25 ha

Dalam rangka mendukung peningkatan kemampuan penangkaran benih padi, pada tahun 2012 dialokasikan kegiatan Pemberdayaan Penangkar Benih Padi di Jawa Barat yang bersumber dari APBN, diantaranya Kabupaten Kuningan (Kecamatan Luragung) sebanyak 1 unit seluas 50 ha.

Penangkaran benih padi dilaksanakan oleh 2 kelompok tani, masing-masing seluas 25 ha, yaitu sebagai berikut :

1. Desa Gunungkarung Kelompoktani Subur Tani II, Ketua Sapja, jumlah anggota 76 orang (telah dipanen).

2. Desa Benda, Kelompoktani Sri Mukti, Ketua Kursim, jumlah anggota 82 orang.

Kedua kelompoktani tersebut menangkarkan benih sumber varietas mekongga dan berasal dari Balai Benih setempat.  Fasilitasi yang diberikan/disediakan melalui penganggaran APBN terdiri atas :

1. Sarana Produksi (Pupuk Urea, NPK, Organik, PPC dan Pestisida).

2. Sarana alat mesin pertanian penangkaran.

Model budidaya yang dilaksanakan dengan jajar legowo dengan metode pengendalian melalui prinsip pengendalian hama terpadu (PHT).

Sumber : Seksi Serealia Bidang Tanaman Pangan Diperta Jabar | File : | Dibaca : 13496 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

PEMETAAN DAYA SAING PERTANIAN INDONESIA
22 Desember 2014

Kondisi makro ekonomi nasional ke depan semakin penuh  tantangan, dan ekonomi global makin terintegrasi. Dalam situasi ekonomi terbuka (open economic), pasar

HARGA MEROKET, PETANI TAHAN PENJUALAN GABAH
22 Desember 2014

Harga Gabah Kering Giling (GKG) di tingkat petani di Majalengka terus meroket mencapai Rp 570.000 per kuintal sejak lima hari yang lalu. Sejumlah petani kini memilih menahan gabahnya menungu

DIPERTA JABAR TERIMA JUNJUNGAN DIPERTA PROVINSI NAD
22 Desember 2014

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat menerima Kunjungan Peserta Magang Petugas dan Petani dari Provinsi  Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Senin, 22 Desember 2014. 

PERAJIN OPAK KEKURANGAN BAHAN BAKU SINGKONG
19 Desember 2014

Sejumlah pengusaha makanan olahan berbahan dasar singkong di Kabupaten Majalengka kekurangan bahan baku. Sebagian dari mereka terpaksa sering berhenti produksi, terlebih saat memasuki musim penghujan pasokan bahan baku seret.

 1 2 3 >  Last ›