Mengantisipasi dan langkah taktis Kementerian Pertanian dalam upaya kekeringan tahun 2015 dengan membangun irigasi tersier, membangun embung, membagikan pompa air, kemudian membagikan alat mesin pertanian dan lainnya supaya mempercepat tanam dan panen. Jadi tanam bisa lebih cepat kalau menggunakan mesin rice transplanter, panen lebih cepat menggunakan mini combine harvester, dibanding kalau cara manual.
Home >> Informasi >> Berita
Berita

29 Oktober 20120
PEMBERDAYAAN PENANGKAR BENIH PADI DI KABUPATEN KUNINGAN
Penulis : Admin Seksi Serealia Bidang Tanaman Pangan Diperta Jabar

Penangkaran benih padi dilaksanakan oleh 2 kelompok tani, masing-masing seluas 25 ha

Dalam rangka mendukung peningkatan kemampuan penangkaran benih padi, pada tahun 2012 dialokasikan kegiatan Pemberdayaan Penangkar Benih Padi di Jawa Barat yang bersumber dari APBN, diantaranya Kabupaten Kuningan (Kecamatan Luragung) sebanyak 1 unit seluas 50 ha.

Penangkaran benih padi dilaksanakan oleh 2 kelompok tani, masing-masing seluas 25 ha, yaitu sebagai berikut :

1. Desa Gunungkarung Kelompoktani Subur Tani II, Ketua Sapja, jumlah anggota 76 orang (telah dipanen).

2. Desa Benda, Kelompoktani Sri Mukti, Ketua Kursim, jumlah anggota 82 orang.

Kedua kelompoktani tersebut menangkarkan benih sumber varietas mekongga dan berasal dari Balai Benih setempat.  Fasilitasi yang diberikan/disediakan melalui penganggaran APBN terdiri atas :

1. Sarana Produksi (Pupuk Urea, NPK, Organik, PPC dan Pestisida).

2. Sarana alat mesin pertanian penangkaran.

Model budidaya yang dilaksanakan dengan jajar legowo dengan metode pengendalian melalui prinsip pengendalian hama terpadu (PHT).

Sumber : Seksi Serealia Bidang Tanaman Pangan Diperta Jabar | File : | Dibaca : 15418 x


Berita Lainnya

KEKERINGAN ANCAM PRODUKSI PERTANIAN
03 Agustus 2015

Anggota DPR RI Komisi IV Rofi Munawar meminta antisipasi Kementerian Pertanian lebih serius terhadap ancaman kekeringan, karena secara faktual kondisi tersebut akan mempengaruhi pencapaian produksi pangan nasional. Tahun lalu,

BENDUNG ATASI SEDIMENTASI
31 Juli 2015

Tim Teknik Proyek pembangunan Waduk di Kabupaten Sumedang , Jawa Barat, berupaya mengatasipasi risiko sedimentasi dari kawasan hulu.Kerusakan parah lingkungan di kawasan hulu. Bendung copong di Kabupaten Garut salah

111.000 HA LAHAN KEKERINGAN
31 Juli 2015

Petani mencoba membuat sumur bor dan memasang pompa masuk menghindari gagal panen karena lokasi sawah yang jauh dari sungai atau sumber di SiJeruk kecamatan kendal,Jawa Tengah (30/7). Mereka harus mengeluarkan

RIBUAN HEKTAR SAWAH TERANCAM PUSO
31 Juli 2015

SOREANG - sedikitnya 3.387 hektare sawah di Kabupaten Bandung terancam Puso akibat dampak EL Nino yang sudah terjadi sejak awal juni lau.

 1 2 3 >  Last ›