Seluruh Pimpinan dan Staf Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin. \"Ramadhan Berlalu, Berkah Kesucian Kita Jaga Selalu\"
Home >> Informasi >> Berita
Berita

02 Agustus 20121512
PEMERIKSAAN LAPANGAN FASE BERBUNGA PADI VARIETAS INPARI SIDENUK DI JATISARI KABUPATEN KARAWANG
Penulis : Admin Balai Pengembangan Benih Padi Provinsi Jawa Barat

Pemeriksaan lapangan fase berbunga padi varietas Inpari Sidenuk di Jatisari Kabupaten Karawang

Dalam rangka memenuhi kebutuhan benih bermutu dan bersertifikat bagi petani konsumen benih, petugas Pengawas Benih Tanaman(PBT)Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) Provinsi Jawa Barat,memberikan pelayanan sertifikasi benih bagi para penangkar benih.

Salah satu tahapan dalam sertifikasi benih tanaman pangan adalah pemeriksaan lapangan fase berbunga. Pemeriksaan lapangan fase berbunga dilakukan pada saat tanaman padi berumur ±50 hari setelah tanam. Pada fase ini, pertanaman padi harus dibersihkan dari rerumputan dan dilakukan seleksi terhadap campuran varietas lain maupun tipe simpangnya.

Pada  hari Selasa(17/07) petugas Pengawas Benih Tanaman (PBT) melakukan pemeriksaan lapangan fase berbunga pada pertanaman penangkaran benih padi varietas Inpari Sidenuk kelas benih Pokok seluas 3 ha milik CV. Putra Kimia Remaja yang berlokasi di Desa Jatisari – Kabupaten Karawang. Dengan asumsi produksi benih 3 ton/ha, pada bulan September 2012 akan tersedia benih varietas Inpari Sidenuk sebanyak 9,0 ton. Benih yang dihasilkan akan disalurkan melalui pasar bebas untuk musim penghujan 2012 – 2013.

Sumber : Balai Pengembangan Benih Padi Provinsi Jawa Barat | File : | Dibaca : 20458 x


Berita Lainnya

PAKAR: POTENSI IKLIM BELUM TERMANFAATKAN UNTUK PERTANIAN
29 April 2014

Pakar Agroklimat IPB Yon Sugiarto mengatakan potensi dari kondisi iklim yang berbeda di setiap daerah yang dapat menguntungkan sektor pertanian belum termanfaatkan dengan baik.

DOSEN UGM HASILKAN BENIH JAGUNG HIBRIDA
29 April 2014

Dosen Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Diah Rachmawati menghasilkan benih jagung hibrida yang diberi nama Gama GS dan Gama SG yang merupakan silangan antara varietas Guluk-guluk dan Srikandi Kuning

PETANI MAJALENGKA BUDIDAYAKAN JAMBU KRISTAL
28 April 2014

Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka budidayakan jambu kristal asal Taiwan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dibanding jambu merah atau jenis jambu lainnya. Saat ini setidaknya sedang menanam hingga sekitar 150

KEDELAI DITARGETKAN BISA MENGHASILKAN PRODUKSI 147.000 TON
28 April 2014

Perluasan Areal Tanam Kedelai tahun 2014 di Jawa Barat ditargetkan bisa menghasilkan produksi sebanyak 147.000 ton. Pencanangannya akan dilaksanakan di Kabupaten Subang bersamaan dengan dimulainya Gerakan Nasional Tanam Kedelai

‹ First  < 377 378 379 380 381 >  Last ›