Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat Ke-69,--“Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh”
Home >> Informasi >> Berita
Berita

29 Mei 20120
PENANGKARAN BENIH PADI DI KELOMPOK TANI MEKAR JAYA, KABUPATEN SUMEDANG
Penulis : Admin Seksi Serealia Diperta Jabar

Pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya

Kabupaten Sumedang, merupakan salah satu Instansi yang mendapatkan fasilitasi dari Pemerintah Pusat melalui Tugas Pembantuan dalam kegiatan pemberdayaan penangkar benih. Lokasi kegiatan khusus kegiatan pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya, Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang seluas 50 ha dengan jumlah anggota sebanyak 267 orang. Adapun varietas padi yang ditangkarkan adalah Mekongga.

Kondisi pertanaman penangkaran pada saat kunjungan di hari Kamis (24/05) telah berumur ±42 HST, dengan jumlah anakan antara 25-40 per rumpun. Apabila produksi benih sebesar ±5 ton per hektar, maka benih sebar yang dihasilkan mencapai 250 ton, sehingga akan memenuhi kebutuhan benih untuk lahan seluas ±10 ribu ha.

Dengan adanya fasilitas pemerintah tersebut, diharapkan Kelompok Tani penangkaran benih tersebut untuk kedepannya menjadi mandiri dan mampu terus memproduksi benih secara kontinyu.

Sumber : Seksi Serealia Diperta Jabar | File : | Dibaca : 15663 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

TANAMAN PALAWIJA SEKITAR SUNGAI CIKARO DAN CIJANGKELOK TERANCAM KEKERINGAN
19 September 2014

Berbagai jenis tanaman palawija pada lahan-lahan petani di sekitar Sungai Cikaro dan Cijangkelok di wilayah timur Kabupaten Kuningan, kini terancam mati kekeringan.

EMBUNG SOLUSI PERTANIAN DI MUSIM KEMARAU
18 September 2014

Embung adalah kolam penampung kelebihan air hujan pada musim hujan dan digunakan pada saat musim kemarau. Namun, jika embung biasanya diairi dengan air hujan yang mampu disimpan dan dijadikan

WARGA CIPANJALU PANEN SAYUR MAYUR PEKARANGAN
18 September 2014

Dalam rentang waktu lima bulan saja, sejak Mei hingga bulan September sekarang, untuk ke sebelas kalinya warga Kp.Pasirluhur RT.02/12 Desa Cipanjalu Kecamatan Cilengkrang melakukan kegiatan panen KRPL (Kawasan Rumah

2023, INDONESIA KURANG PANGAN
18 September 2014

Maraknya pembangunan di berbagai daerah membuat lahan pertanian di Indonesia semakin terkikis. Data Direktorat Peluasan dan Pengelolaan Lahan Kemeterian Pertanian menunjukan, alih fungsi lahan pertanian di Indonesia terjadi hingga

 1 2 3 >  Last ›