Home >> Informasi >> Berita
Berita

29 Mei 20120
PENANGKARAN BENIH PADI DI KELOMPOK TANI MEKAR JAYA, KABUPATEN SUMEDANG
Penulis : Admin Seksi Serealia Diperta Jabar

Pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya

Kabupaten Sumedang, merupakan salah satu Instansi yang mendapatkan fasilitasi dari Pemerintah Pusat melalui Tugas Pembantuan dalam kegiatan pemberdayaan penangkar benih. Lokasi kegiatan khusus kegiatan pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya, Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang seluas 50 ha dengan jumlah anggota sebanyak 267 orang. Adapun varietas padi yang ditangkarkan adalah Mekongga.

Kondisi pertanaman penangkaran pada saat kunjungan di hari Kamis (24/05) telah berumur ±42 HST, dengan jumlah anakan antara 25-40 per rumpun. Apabila produksi benih sebesar ±5 ton per hektar, maka benih sebar yang dihasilkan mencapai 250 ton, sehingga akan memenuhi kebutuhan benih untuk lahan seluas ±10 ribu ha.

Dengan adanya fasilitas pemerintah tersebut, diharapkan Kelompok Tani penangkaran benih tersebut untuk kedepannya menjadi mandiri dan mampu terus memproduksi benih secara kontinyu.

Sumber : Seksi Serealia Diperta Jabar | File : | Dibaca : 20928 x


Berita Lainnya

PRODUKSI PADI 2015 TERTINGGI DALAM 10 TAHUN TERAKHIR
08 Juli 2015

Kepala Badan Pusat Statistik, Suryamin mengumumkan Angka Ramalan I Tahun 2015 atau ARAM I. Statistik produksi tanaman pangan yang disajikan dalam Berita Resmi Statistik (BRS) tersebut terdiri dari luas panen,

EL NINO PENGARUHI MUSIM KEMARAU
08 Juli 2015

Selama periode musim kemarau diprediksikan ada pengaruh dari El Nino dengan katagori lemah hingga moderat. Peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin mengatakan hal itu

KOTA BANDUNG MEMASUKI MUSIM KEMARAU
08 Juli 2015

Kota Bandung, saat ini sudah memasuki musim kemarau. Peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin mengatakan hal itu di kantornya, Jalan Cemara Bandung.

"Bahkan pada dasaria

SAWAH KEKERINGAN, MASALAH KLASIK YANG TAK PERNAH TUNTAS
08 Juli 2015

Penanganan masalah kekeringan lahan padi harus segera dilakukan secara holistik. Terlebih dengan asuransi pertanian yang batal diberlakukan November 2015, pemerintah harus tetap menunjukan keberpihakan pada petani.

 1 2 3 >  Last ›