Digrahayu Provinsi Jawa Barat ke 70, dengan semangat “Jabar Kahiji, Jabar Kreatif dan, Bestari\"kita wujudkan Swasembada Pangan Provinsi Jawa Barat.
Home >> Informasi >> Berita
Berita

29 Mei 20120
PENANGKARAN BENIH PADI DI KELOMPOK TANI MEKAR JAYA, KABUPATEN SUMEDANG
Penulis : Admin Seksi Serealia Diperta Jabar

Pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya

Kabupaten Sumedang, merupakan salah satu Instansi yang mendapatkan fasilitasi dari Pemerintah Pusat melalui Tugas Pembantuan dalam kegiatan pemberdayaan penangkar benih. Lokasi kegiatan khusus kegiatan pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya, Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang seluas 50 ha dengan jumlah anggota sebanyak 267 orang. Adapun varietas padi yang ditangkarkan adalah Mekongga.

Kondisi pertanaman penangkaran pada saat kunjungan di hari Kamis (24/05) telah berumur ±42 HST, dengan jumlah anakan antara 25-40 per rumpun. Apabila produksi benih sebesar ±5 ton per hektar, maka benih sebar yang dihasilkan mencapai 250 ton, sehingga akan memenuhi kebutuhan benih untuk lahan seluas ±10 ribu ha.

Dengan adanya fasilitas pemerintah tersebut, diharapkan Kelompok Tani penangkaran benih tersebut untuk kedepannya menjadi mandiri dan mampu terus memproduksi benih secara kontinyu.

Sumber : Seksi Serealia Diperta Jabar | File : | Dibaca : 21416 x


Berita Lainnya

PETANI PERTANYAKAN KENAIKAN SEWA LAHAN
31 Agustus 2015

MAJALENGKA,(PR).–
Puluhan warga asal Indramayu dan warga Desa Sumber, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka mendatangi Pendopo Gedung Negara dan Kantor Perum Perhutani KPH Majalengka.

REVITALISASI PERTANIAN
31 Agustus 2015

PERTANIAN tidak dipentingkan melulu karena pertimbangan masa lalu, tetapi terutama karena pemahaman atas kondisi saat ini dan antisipasi masa depan dalam masyarakat yang mengglobal, semakin modern, dan menghadapi persaingan yang

EMIL SIAPKAN SISTEM BARU KETAHANAN PANGAN
31 Agustus 2015

Inilah, Bandung – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku tengah mempersiapkan sebuah sistem baru dalam hal ketahanan pangan. Nantinya, kota bandung akan memiliki kontrol penuh terhadap kebutuhan bahan pangan. 

KEKERINGAN HANYA DI GADU LIAR
31 Agustus 2015

BANDUNG,(PR).-
Dinas pertanian Tanaman Pangan Jawa Barat menilai, kehilangan produksi padi akibat kekeringan di Jawa Barat masih disebabkan kondisi klasik, yaitu dialami pada sejumlah kawasan sawah yang selama ini tak

 1 2 3 >  Last ›