Seluruh Pimpinan dan Staf Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin. \"Ramadhan Berlalu, Berkah Kesucian Kita Jaga Selalu\"
Home >> Informasi >> Berita
Berita

29 Mei 20120
PENANGKARAN BENIH PADI DI KELOMPOK TANI MEKAR JAYA, KABUPATEN SUMEDANG
Penulis : Admin Seksi Serealia Diperta Jabar

Pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya

Kabupaten Sumedang, merupakan salah satu Instansi yang mendapatkan fasilitasi dari Pemerintah Pusat melalui Tugas Pembantuan dalam kegiatan pemberdayaan penangkar benih. Lokasi kegiatan khusus kegiatan pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya, Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang seluas 50 ha dengan jumlah anggota sebanyak 267 orang. Adapun varietas padi yang ditangkarkan adalah Mekongga.

Kondisi pertanaman penangkaran pada saat kunjungan di hari Kamis (24/05) telah berumur ±42 HST, dengan jumlah anakan antara 25-40 per rumpun. Apabila produksi benih sebesar ±5 ton per hektar, maka benih sebar yang dihasilkan mencapai 250 ton, sehingga akan memenuhi kebutuhan benih untuk lahan seluas ±10 ribu ha.

Dengan adanya fasilitas pemerintah tersebut, diharapkan Kelompok Tani penangkaran benih tersebut untuk kedepannya menjadi mandiri dan mampu terus memproduksi benih secara kontinyu.

Sumber : Seksi Serealia Diperta Jabar | File : | Dibaca : 21267 x


Berita Lainnya

KURANGI LAHAN KERING SELAMATKAN PENDAPATAN PETANI RP 2 TRILIUN
28 Juli 2015

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menyatakan hasil produksi pertanian, terutama padi jauh lebih

MUSIM KEMARAU MELANDA MAJALENGKA, PETANI MEMILIH ALIH PROFESI
28 Juli 2015

Musim kemarau yang menyebabkan ratusan hektar lahan pertanian di kawasan utara Kabupaten Majalengka  mengering memndorong membuat sejumlah petani untuk beralih profesi. Hal itu mereka lakukan agar dapat mencukupi kebutuhan

LUAS LAHAN KEKERINGAN TURUN 102.000 HEKTARE
28 Juli 2015

Kendati tengah dilanda kemarau panjang atau El Nino, luas lahan sawah yang mengalami kekeringan tahun ini dipastikan menyusut dibandingkan tahun lalu. "Luas lahan sawah yang mengalami kekeringan tahun ini turun

MENTAN: INDONESIA BERENCANA EKSPOR BERAS ORGANIK KE ARAB SAUDI
28 Juli 2015

Menteri Pertanian (mentan), Amran Sulaiman mengatakan, Indonesia memiliki rencana kerja sama bidang ekspor beras organik ke Arab Saudi.

 1 2 3 >  Last ›