Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Atas Pelantikan Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP Sebagai Menteri Pertanian Kabiner Kerja Periode 2014 - 2019
Home >> Informasi >> Berita
Berita

29 Mei 20120
PENANGKARAN BENIH PADI DI KELOMPOK TANI MEKAR JAYA, KABUPATEN SUMEDANG
Penulis : Admin Seksi Serealia Diperta Jabar

Pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya

Kabupaten Sumedang, merupakan salah satu Instansi yang mendapatkan fasilitasi dari Pemerintah Pusat melalui Tugas Pembantuan dalam kegiatan pemberdayaan penangkar benih. Lokasi kegiatan khusus kegiatan pemberdayaan penangkar benih padi dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Jaya, Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang seluas 50 ha dengan jumlah anggota sebanyak 267 orang. Adapun varietas padi yang ditangkarkan adalah Mekongga.

Kondisi pertanaman penangkaran pada saat kunjungan di hari Kamis (24/05) telah berumur ±42 HST, dengan jumlah anakan antara 25-40 per rumpun. Apabila produksi benih sebesar ±5 ton per hektar, maka benih sebar yang dihasilkan mencapai 250 ton, sehingga akan memenuhi kebutuhan benih untuk lahan seluas ±10 ribu ha.

Dengan adanya fasilitas pemerintah tersebut, diharapkan Kelompok Tani penangkaran benih tersebut untuk kedepannya menjadi mandiri dan mampu terus memproduksi benih secara kontinyu.

Sumber : Seksi Serealia Diperta Jabar | File : | Dibaca : 17287 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

PPL DI KABUPATEN INDRAMAYU AKAN SEGERA HABIS
30 Oktober 2014

Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang berstatus PNS akan segera habis di Kabupaten Indramayu. Hal tersebut dianggap bisa mengancam sektor pertanian Kabupaten Indramayu.

PEMPROV JABAR KLAIM PENGGUNAAN STA SUDAH MAKSIMAL
30 Oktober 2014

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Jawa Barat terus melakukan revitalisasi pada sub terminal agribinis di beberapa kabupaten.
 

AMRAN SULAIMAN, PEMBASMI HAMA TIKUS YANG KINI MENJADI MENTERI PERTANIAN
29 Oktober 2014

Andi Amran Sulaiman adalah sosok wirausahawan, akademisi, dan birokrat dari Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akhirnya diumumkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja.
 

STOK BERAS JAKARTA AMAN HINGGA DELAPAN BULAN
29 Oktober 2014

Badan Urusan Logistik Divisi Regional Jakarta mengklaim stok beras wilayah Jakarta aman hingga delapan bulan ke depan. Jumlah itu melampaui syarat stok aman yang ditentukan pemerintah yaitu enam bulan.

 1 2 3 >  Last ›